PLAYBOOK SALIM ERP (a Living Docs)
~ ini merupakan dokumen yang akan terus updated
Disclaimer
Komunitas SALIM yang kami hormati,
Saat ini ERP Sekolah Alam Indonesia Meruyung masih dalam tahap Development Fase #1.
Fokus Utama ERP adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses keuangan serta transparansi dan akuntabilitas.
----
Berikut Fase yang telah direncanakan:
Fase #1: Juni - Agustus 2025
- Revamp Website saimeruyung.sch.id (done)
- Student Database Management (95% done)
- Automation Recurring Billing (on-going transition)
- Portal OTS (on-going transition)
Fase #2: September - December 2025
- Student Enrollment (on-going)
- Portal Siswa (on-going)
- eLearning SALIM Edu
Fase #3:
- Employee Management
- Event Management (Ticketing and Digital Seminar Kit)
----
Mari bersama-sama membangun pengelolaan SAI Meruyung lebih baik
Salam,
DS - IT & Finance Team
Guidebook
Panduan Seputar Pembayaran via Invoice Digital
- Pastikan email yang terdaftar di Database Siswa sudah sesuai.
- Invoice Digital akan dikirimkan melalui 2 jalur:
- Email yang terdaftar
- Portal OTS (baca lebih lanjut di bagian 'Portal Access')
- Invoice Digital hanya dikirimkan oleh 'notifications@saimeruyung.odoo.com'
- Pastikan email yang diterima mencantumkan informasi sesuai dengan Data Daftar Ulang/Pendaftaran
- Klik tombol 'View Invoice' untuk melakukan pembayaran.
- Klik Bayar sekarang
- Pilih Metode/Channel pembayaran
- Ikuti alur pembayaran sesuai channel sampai dengan selesai.
- Kwitansi/Receipt akan dikirimkan ke email sekitar 2-3 hari setelah pembayaran.
- Seluruh history pembayaran akan tercatat di Portal OTS.
- Pembayaran melalui Portal bisa mengakses menu 'Invoice' dan melanjutkan proses seperti di atas.
Frequently-Asked-Question (FAQ)
FAQ Seputar Invoice
- Invoice Digital dikirim ke email siapa?
- Secara dafault akan mengirimkan ke email OTS (Ayah).
- Jika memerlukan penggantian/penambahan, bisa info tim Admin via Helpdesk di Web saimeruyung.sch.id
- Bagaimana jika email Invoice Digital belum diterima?
- Email Invoice Digital akan dikirimkan pada tanggal 1-2 setiap bulannya secara automation (default).
- Jika belum menerima email lebih dari tanggal 3, mohon dapat mengkonfirmasi pada tim Admin atau DK. Bisa via Helpdesk di Web saimeruyung.sch.id
- Apakah saya bisa membayarkan BG langsung untuk beberapa bulan?
- Ya, mohon info tim admin. invoice digital akan di generate secara manual untuk bulan-bulan berikutnya selama dalam 1 kontrak daftar ulang.
- Bagaimana untuk Siswa dengan fasilitas Beasiswa?
- Secara default akan terkirim email Invoice Digital mengikuti prosedur normal.
- Akan menerima Voucher Beasiswa yang bisa diinput ke dalam setiap pembayaran.
- Informasi lebih lanjut bisa hubungi tim Admin via Helpdesk di Web saimeruyung.sch.id
- Saya ingin mengubah email pengiriman Invoice Digital, apakah bisa?
- Ya, mohon hubungi tim Admin via Helpdesk di Web saimeruyung.sch.id
- Saya sudah membayar melalui channel Non-VA atau Manual, apa yang harus dilakukan?
- a. Laporkan ke Admin Finance (Bu Dian) dan abaikan invoice digital. Akan reconcile manual.
FAQ Seputar Portal
- Bagaimana cara mendapatkan Portal Access?
- hanya melalui Invitation, defaultnya akan dimiliki oleh setiap Ayah (atau Ibu, by request)
- Akan masuk melalui email yang terdaftar.
- Bagaimana jika belum dapat invitation?
- Hubungi tim Admin via Helpdesk di Web saimeruyung.sch.id
- Apa saja yang bisa dilakukan di Portal?
- Cek kontrak Daftar Ulang
- Cek dan proses Invoice hingga Payment
- History transaksi (termasuk eCommerce dan eLearning)
- Document terkait informasi Ayah/Ibu (Portal Siswa maka document siswa)
- Form Input dan Ubah Data Diri (sesuai kebutuhan pendaftaran ulang dan penagihan)
- dan lainnya
- Bagaimana keamanan terkait privacy dan data lainnya?
- Silakan refer ke halaman ini > https://www.odoo.com/security#part_1
- Selain itu ERP Salim menerapkan User Access Control (UAC) per masing-masing role.
Version and Change Log
Version | Change Log |
V.1 - 02072025 | First Entry |